Dr. Lisnawati Ruhaena, S.Psi, M.Si., Psikolog
- Jabatan Akademik : Lektor Kepala
- NIK/NIDN : - / 0616036901
- Bidang Keahlian : Psikologi Pendidikan, Psikologi Perkembangan
- Email : [email protected]
- 1986 : S1 – Universitas Padjadjaran – Psikologi
- 1994 : S2 – Universitas Gadjah Mada – Psikologi Klinis
- 2003 : S3 – Universitas Gadjah Mada – Psikologi Kepribadian
No. | Judul Riset | Tahun | Sumber Dana | Peran |
1 | Pelatihan Pemahaman Rasa untuk meningkatkan kompetensi sosial | 1998 | Dosen Muda DIKTI | Ketua
|
2. |
Model Pembelajaran Nilai Toleransi untuk anak usia SD |
2007 |
Hibah Bersaing DIKTI |
Ketua |
3. |
Mengurai Akar Kekerasan Etnis pada Masyarakat Pluralis |
2008 |
Penelitian Dasar, DIKTI |
Ketua |
4 |
Model Penggalian Potensi melalui penulisan Autobiografi |
2008 & 2009 |
Hibah Bersaing DIKTI |
Anggota |
5. |
Model Peningkatan Kemampuan berempati melalui permainan tradisional Jawa Tengah pada anak keturunan etnis Jawa – Cina |
2008 |
Hibah Bersaing DIKTI |
Anggota |
6. |
Pendidikan Kepribadian berbasis Psikologi Indigenous |
2009 |
Insentif Pemberdayan Riset Unggulan UMS |
Ketua |
7. | Peningkatan integrasi bangsa melalui pengalihan metode dinamika kelompok ke guru bimbingan konseling untuk meningkatkan toleransi siswa.
| 2009 | Hibah Kompetitif Prioritas Nasional DIKTI | Ketua
|
8 | Perancangan Dongeng Anak sebagai media pengembangan pembentukan perilaku dan kemampuan ungkap anak usia sekolah dasar | 2009 | Hibah Bersaing DIKTI | Anggota |
No | Judul Kegiatan | Tempat | Tahun | Peran |
1. | Dongeng dan drama sebagai media pengembangan kepribadian anak (Workshop Dongeng dan Drama Bahasa Jawa) | Dinas P & K Surakarta | 2000 | Pembicara |
2. | Pendidikan Apresiasi Seni sebagai Media Pengembangan Rasa (Temu Ilmiah Nasional-II IPPI) | Universitas Surabaya | 2002 | Pembicara |
3. | Manajemen kelas untuk Pendidikan Apresiasi Seni di Sekolah Dasar (Training of Tutor) | STSI Surakarta | 2003 | Pembicara |
4. | Pendekatan Gestalt dan Pendekatan Suryomentaram dalam prespektif holistik : kajian lintas Indigeneous. (Simposium Psikoterapi) | Universitas Tarumanegara, Jakarta. | 2005 | Pembicara |
5 | Mawas Diri sebagai cara Penyesuaian diri dalam meningkatkan kesehatan mental (Forum Dewan Riset Daerah, Jawa tengah ) | Semarang | 2006 | Pembicara |
6 | Kekerasan dalam rumah tangga dalam tinjauan Kawruh Jiwa Suryomentaram (Kuliah Umum ) | Fakultas Psikologi USB Surakarta | 2006 | Pembicara |
7 | Mulur-mungkret sebagai landasan manajemen stres dalam kehidupan (Konferensi Nasional-1 Ikatan Psikologi Klinis Indonesia) | Bandung | 2007 | Pembicara |
8 | Kepribadian Manusia Tanpa Ciri: dari Psikologi Indigeneous menuju Psikologi Global. (Seminar Nasional ”Revitalisasi Nilai-nilai Jawa dalam konteks Psikologi) | Fakultas Psikologi UNDIP | 2007 | Pembicara |
9 | Mencapai Kebahagiaan bersama dalam Masyarakat Majemuk (Temu Ilmiah Konggres HIMPSI) | Bali | 2007 | Pembicara |
10. | Model pembelajaran Pengembangan Kepribadian Berperspektif Global untuk Anak usia sekolah dasar (Seminar Nasional Hasil Penelitian Multi Tahun) | Jakarta, DIKTI | 2007 | Pembicara |
11. | Pendekatan Multi-metode dalam Penelitian Psikologi: menuju pengembangan Teori Psikologi Indigeneous (Kuliah Umum) | Program Doktor Fakultas Psikoogi UGM | 2008 | Pembicara |
12. | Pembelajaran Tolerani untuk anak usia sekolah dasar (Temu ilmiah Nasional ”Menata karakter Bangsa”, oleh IPPI Jawa Barat) | Bandung | 2008 | Pembicara |
13. | Nilai Kesehatan Mental Islam dalam Kawruh Jiwa uryomentaram (Ujian Tertutup Program Doktor UIN Yogya) | Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta | 2008 | Penguji |
14. | Pengaruh Situasi Psikologis Kelompok terhadap Performansi Pengambil Keputusan | Pascasarjana UGM, Program Doktor | 2009 | Tim penilai dan penguji |
15 | Mengurai Akar kekerasan Etnis pada masyarakat Pluralis (Seminar Nasional Hasil Penelitian Multi Tahun) | Jakarta, DIKTI | 2009 | Pembicara |
15. | Pengalaman Memajukan Pendidikan Seni di Komunitas Muhammadiyah (Dialog dan Festival Muharram 1430) | LPM- UAD | 2009 | Pembicara |
16 | Pendidikan Karakter berbasis kearifan lokal (Seminar Nasional | UMS | 2010 | Pembicara |
17 | Mengungkap potensi, membangun karakter : Visi pendidikan kini dan esok (Seminar Nasional dengan tema “Mengungkap potensi Peserta didik sebagai basis pengembangan pendidikan karakter di sekolah” ) | Fak. Psikologi UNMUH Jember | 2011 | Pembicara |
No. | Judul artikel/jurnal/Buku | Penerbit | Tahun |
1 | Perilaku Menyimpang Anak: Permasalahan Kualitas Kesejahteraan Anak (Jurnal) | Akademika 01/XVI/1998 | 1998 |
2 | Pengembangan Kualitas Kepribadian Melalui Proses Olah Rasa (Jurnal) | ANIMA: 15 (1) 1999 | 1999 |
3 | Perilaku Manusia (dalam buku ”Transformasi Budaya) | MUP – UMS | 2000 |
4 | Kualitas Kepribadian Menurut Konsep Rasa Suryomentaram dalam Perspektif Psikologi (Jurnal) | ANIMA: 18 (3) 2003 | 2003 |
5 | Respon siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah terhadap Pendidikan Apresiasi Seni Tradisi Lokal (dalam Buku ”Pendidikan Apresiasi Seni, wacana dan praktek untuk toleransi Pluralisme budaya) | Pusat Studi Budaya dan Perubahan Sosial bekerja sama dengan Ford Foundation | 2004 |
6 | Kepribadian Sehat Menurut Konsep Suryomentaram (Buku) | MUP – UMS | 2004 |
7 | Mencapai kebahagiaan bersama dalam masyarakat majemuk (Jurnal) | Jurnal Psikologi Indonesia, (1) 2008 | 2008 |
8 | Pengalaman Implementasi Program Pendidikan Apresiasi Seni di Sekolah Dasar Berafiliasi Islam. (kontributor dalam Buku Muhammadiyah sebagai Gerakan Seni Budaya: Suatu Warisan Inteelektual. Editor: Jabrohim dan Farid Setiawan) | Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
| 2009 |
9. | Relasi Etnisitas Jawa-Cina dalam Masyarakat Majemuk | ANIMA: Jurnal Psikologi Indonesia 2009 | 2009 |
10 | Mendongeng itu indah (anggota penulis) | Solo: ISI Press | 1010 |
11 | Pendidikan Karakter melalui Apresiasi Seni (kontrbutor dalam buku Psikologi Terapan: melintas batas disiplin ilmu , penyunting J.E. Prawitasari) | Jakarata : Penerbit Erlangga | 2011 |
12 | Model Suryometaraman (kontrbutor dalam buku Psikologi Terapan: melintas batas disiplin ilmu , penyunting J.E. Prawitasari) | Jakarata : Penerbit Erlangga | 2011 |
No. | Nama Kegiatan | Tahun | Peran |
1 | Pelatihan Grafologi Tingkat Dasar (diselenggarakan oleh Psychologycal, Behavioral and Social Research & Aplication, Bandung) | 2007 | Peserta |
2. | Pelatihan Grafologi Tingkat Intermediate (diselenggarakan oleh Psychologycal, Behavioral and Social Research & Aplication, Bandung) | 2008 | Peserta
|
3. | Workshop Terapi Kognitif Perilaku (di Aula PPDS FK-UNS, RSUD Dr, Moewardi Surakarta, 18 Oktober) | 2008 | Partisipan |
4. | Workshop Analisis Transaksional I (di Aula PPDS FK-UNS, RSUD Dr, Moewardi Surakarta, 19 Oktober) | 2008 | Partiisipan |
5. | Workshop Analisis Transaksional II (di Aula PPDS FK-UNS, RSUD Dr, Moewardi Surakarta, 1 Februari) | 2009 | Partisipan |
6. | Workshop Logoterapi (di Aula PPDS FK-UNS, RSUD Dr, Moewardi Surakarta, 1 Februari) | 2009 | Peserta
|
7. | Pelatihan dan Pengembangan Kompetensi Interpretasi IST (di Biro Konsultasi dan Pemeriksaan Psikologis, Fakultas Psikologi UMS) | 2009 | Peserta |
8. | Lokakarya Pembinaan dan Pengembangan Jurnal Ilmiah I, (di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, ”Wacana, Jurnal Ilmu Pengetahuan Budaya”) | 2009 | Peserta |
Hak Cipta: Cerita Bergambar Judul: Mengenal Huruf A No. 000136368 | 2018 | Lisnawati Ruhaena |
Hak Cipta: Modul Judul: Mpdul Pelatihan Muhasabah untuk Menurunkan Prokrakstinasi Akademik Pada Mahasiswa Aktivis No. EC00202031451 | 2020 | Lisnawati Ruhaena, Lusi Nuryanti |
Hak Cipta: Modul Judul: Modul Spiritual Mindfullness No. EC00202147179 | 2021 | Wisnu Sri Hertinjung, Lisnawati Ruhaena, Santi Sulandari. |
Dr. Lisnawati Ruhaena, S.Psi, M.Si, Psikolog | Psikologi Sekolah | Muhammad Ghozi Al Wafi, S,Psi. | Pola Penyesuaian Diri Warga Sekolah di masa Pandemi Covid-19 | 2020 |