UMS, Fakultas Psikologi – Telah diselanggarakan rapat sosialisasi layanan skripsi pada hari Sabtu, 11 Mei 2019. Rapat dimulai pukul 11.00 WIB sampai dengan pukul 13.00 WIB bertempat di ruang rapat gedung fakultas psikologi UMS yang dihadiri oleh para dosen.
Rapat sosialisasi layanan skripsi yang diselenggarakan membahas terkait luaran tugas akhir yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yakni menjadi artikel publikasi yang siap terbit. Perubahan ini berlandaskan pada Surat Keputusan Rektor tentang Pembimbingan Tugas Akhir/ Skripsi, Tesis, Disertasi No. 037/II/2016.
Perubahan standar operasional prosedur pengajuan skripsi dimulai dari pemilihan dosen pembimbing yang dimulai sejak pengambilan mata kuliah teknik penyusunan skripsi kemudian dalam bimbingan skripsi akan diberikan periode bimbingan yakni tiga bulan sekali. Setelah bimbingan skripsi selesai selanjutnya adalah melakukan sidang skripsi yang kemudian akan diiringi dengan rekomendasi pengiriman artikel ke Prosiding Seminar, Jurnal Nasional Terakreditasi, atau Jurnal Internasional.
Sistematika penulisan skripsi akan berubah menjadi bentuk artikel publikasi. Perbedaannya adalah dari sistematika per bab (Bab 1 pendahuluan, bab 2 tinjauan pustaka, bab 3 metode penelitian, bab 4 hasil penelitian bab 5 kesimpulan) menjadi sistematika artikel publikasi (abstrak, pendahuluan, metode, hasil, pembahasan, dan kesimpulan). Mahasiswa akan tetap membuat proposal skripsi kemudian melanjutkan ke laporan skripsi. Berikut perbedaan antara proposal dengan laporan skripsi :
- Proposal skripsi berisikan pendahuluan dan metode penelitian skripsi
- Laporan skripsi berisikan abstrak, pendahuluan, metode, hasil, pembahasan, dan daftar pustaka
Perubahan ini akan diterapkan bersamaan dengan diberlakukannya kurikulum 2019 fakultas psikologi ums.
Terkait template laporan skripsi yang digunakan dalam mata kuliah teknik penyusunan skripsi dapat diunduh pada link di bawah ini :
http://bit.ly/skripsi-psi-2019