Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berdiri pada tahun 1983, dengan SK Pendirian No. 190/K/14.08/KopVI/II/1984. Pada awal berdirinya, Fakultas Psikologi UMS menginduk ke Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) sehingga sebagian besar dosen pengampu berasal dari dosen-dosen Fakultas Psikologi UGM.
Sejak berdirinya hingga tahun 2003 Fakultas Psikologi UMS hanya memiliki satu program studi yaitu Program Studi S1 Psikologi. Saat ini Fakultas Psikologi memiliki tiga Program Studi yaitu Program Studi Sarjana Psikologi, Program Studi Magister Psikologi Profesi (berdiri tahun 2004) merupakan program Magister psikologi pertama di Indonesia, dan pada tahun 2007 berdiri Program Studi Magister Psikologi (Sains). Pada tanggal 4 Agustus 2017, Program Studi S1 Psikologi UMS resmi menyandang predikat A, dan pada tahun 2021 berhasil meningkatkan performanya dengan memperoleh derajat akreditasi “Unggul” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Sementara untuk Magister Psikologi Profesi memperoleh akreditasi “B”, dan Magister Psikologi memperoleh akreditasi “Sangat Baik”. Prestasi ini menandakan komitmen Fakultas Psikologi UMS dalam menjaga mutu kualitasnya sebagai salah satu pusat studi psikologi di Indonesia. Sampai saat ini, Fakultas Psikologi UMS telah meluluskan lebih dari 9000 orang baik ditingkat sarjana maupun magister.
Fakultas Psikologi UMS mengambil peran penting lahirnyanya Psikologi Islam di Indonesia. Ditandai dengan beberapa momen bersejarah yaitu: pada tahun 1994 menjadi tempat dideklarasikannya Psikologi Islami dalam Simposium Nasional Psikologi Islami 1. Pada tahun 1998 kembali menjadi tuan rumah Simposium Nasional Psikologi Islami, dan pada tahun 2003 dipercaya untuk menyelenggarakan Kongres I Asosiasi Psikologi Islami (API).