Biro Konsultasi & Pemeriksaan Psikologi

Merupakan lembaga yang bergerak dalam bidang pelayanan psikologi dengan menyediakan layanan asesmen, pelatihan, konseling, dan psikoterapi. Tim terdiri dari tenaga profesional yang berlatar belakang Dosen Psikologi berpendidikan profesi psikologi dan telah berpengalaman dalam memberikan pelayanan psikologi kepada masyarakat luas, instansi pemerintahan dan perusahaan.

Dibentuk pada tahun 1986 di bawah Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan psikologi yang semakin meningkat serta demi terciptanya kualitas hidup yang baik.

Biro Konsultasi & Pemeriksaan Psikologi  Menawarkan pelayanan yang terpercaya untuk kebutuhan individu, pendidikan dan industri

VISI & MISI

  • Visi : Hadir untuk membantu memberikan kualitas hidup masyarakat yang lebih baik di berbagai bidang.
  • Misi : Menjadi patner terbaik bagi yang membutuhkan layanan jasa Psikologi, melalui intervensi yang akurat, cepat dan pelayanan prima.

BIDANG LAYANAN & JASA

Beberapa jenis jasa layanan yang disediakan meliputi :

1. Rekrutmen dan Seleksi

Proses pencarian dan pemilihan calon tenaga kerja yang sesuai dengan kriteria atau spesifikasi tertentu yang dituntut oleh suatu jabatan tertentu, yang dibutuhkan oleh suatu organisasi.

2. Review Potensi ( Potential Review )

Proses evaluasi terhadap kompetensi, potensi, dan kapabilitas yang dimiliki oleh tenaga kerja yang sudah menjadi bagian dari organisasi. Hasil review potensi dapat digunakanuntuk tujuan promosi, transfer    ( mutasi dan rotasi ), demosi, serta inventarisasi profil karyawan. Hal ini dilakukan untuk merefresh, meningkatkan motivasi dan performansi kerja para karyawan, serta untuk kepentingan pengembangan organisasi.

3. Asesmen Psikologis

Proses asesmen atau penerapan terhadap kompetensi-kompetensi manajerial, baik dari aspek potensi maupun perilaku, yang dimiliki oleh kandidat. Metode ini menggunakan multi-metode secara integral dan komprehensif. Asesmen psikologis sangat sesuai untuk mengidentifikasi potensi kandidat yang akan menempati posisi manajerial seperti :

  • Manajemen Utama (Puncak)
  • Manajemen Madya
  • Manajemen Pratama (Lini)

4. Pengembangan Organisasi

Optimalisasi pengelolaan SDM dalam sebuah organisasi dapat dilakukan melalui berbagai sisi baik pembenahan sistem dan prosedur organisasi, struktur organisasi, maupun dari perilaku individu di dalam organisasi yang dianalisa berdasarkan proses bisnis. Pelayanan dalam Pengembangan Organisasi meliputi;Analisis jabatan berupa sistem Penilaian Kinerja (Pembenahan/Penyusunan sampai pada Penerapan) berbasis Kompetensi, berbasis hasil (Management by Objectives), berbasis Kinerja, dan lainnya. Sistem Remunerasi/Reward system. People Development (melalui training, coaching, counseling, workshop, dan sebagainya).

5. Training (Pelatihan) Peningkatan Kompetensi SDM

Training merupakan salah satu program dari People Development yang spesifik memberikan pelayanan peningkatan pengetahuan (knowledge), ketrampilan (Skill), Kemampuan (Ability), dan berbagai karakteristik pribadi (Motivasi, Emotional Intelligence,Social Intelligence, Personality, Kepercayaan diri, Asertivitas diri, Team Building) baik dalam bentuk In Class / Indoor activity maupunOutdoor Activity. Penggunaan berbagai metode belajar disesuaikan dengan tema dan kebutuhan pelatihan. Jasa ini termasuk juga melakukan analisis kebutuhan pelatihan (Training Needs Analysis) jika dibutuhkan dan organisasi pengguna jasa menghendakinya.

PELAKSANAAN & BIAYA

Waktu pelaksanaan pemeriksaan Psikologis adalah sebagai berikut :

  • Hari : Senin – Jumat
  • Pukul : 08.00 –14.00
  • Untuk pelaksanaan diluar hari kerja dan hari libur nasional akan dikenakan biaya tambahan sebagai kompensasi Hari Libur untuk tiap Assessor sebesar Rp. 200.000,-

TIM PSIKOLOG

Pelayanan jasa psikologi ini bekerja secara independen dan tim. Para Psikolog dan Profesional yang tergabung merupakan Dosen dari Universitas Muhammadiyah Surakarta dan orang-orang yang berpengalaman dan memiliki spesialisasi dalam bidang masing-masing, serta lulusan dari program Magister Psikologi yang mempunyai Surat Ijin Praktek Psikologi yang dikeluarkan dari HIMPSI (Himpunan Psikologi Indonesia).

Psikolog:

  1. Dra. Juliani Setyaningrum M.Si., Psikolog
  2. Dra. Partini, M.Si, Psikolog
  3. Drs. Nanik Prihartanti M.Si., Psikolog
  4. Dr. Nisa Rachmah Nur Anganthi, M.Si, Psikolog
  5. Dr. Lisnawati Ruhaena, S.Psi, M.Si, Psikolog
  6. Dr. Wiwien Dinar Pratisti, M.Si, Psikolog
  7. Rini Lestari, S.Psi., M.Si. Psikolog
  8. Sri Lestari, S.Psi., M.Si.
  9. Setia Asyanti, S.Psi., M.Si, Psikolog
  10. Wisnu Sri Hertinjung, S.Psi, M.Psi, Psikolog
  11. Susatyo Yuwono, S. Psi., M. Si​, Psikolog
  12. Achmad Dwityanto O., S. Psi., M. Si
  13. Etik Rahmawati S.Psi., M.M., Psikolog
  14. Zakiah Rahmaniah Ahmad, S. Psi., Psikolog
  15. Dewi Nurhidayati M. Psi., Psikolog
  16. Khotimatun Na’imah M. Psi., Psikolog
  17. Fiska Puspa Arinda M. Psi., Psikolog

Trainer:

  1. MB.Sudinadji, S.Psi., M.Si
  2. Dr. Soleh Amini, S.Psi., M.Si., Psikolog