Unit — Prosedur Penyusunan Skripsi

PROSEDUR PENYUSUNAN SKRIPSI

 

Berikut adalah Alur Skripsi:

1. Registrasi Proposal Skripsi ke Biro Skripsi

2. Proses Pembimbingan Skripsi

3. Ujian Skripsi

Registrasi proposal Skripsi ke Biro Skripsi:

1. Mahasiswa mengisi BIODATA online melalui http://biroskripsi.psikologi.ums.ac.id atau dapat dilakukan di komputer Biro Skripsi (dipandu oleh assisten).

2. Mahasiswa menunggu proses verifikasi dari biro kripsi (+24 jam dari jam kerja). Setelah terverifikasi, mahasiswa dapat Log In menggunakan Password dan Username yang sudah dibuat sewaktu mengisi biodata (poin 1).

3. Setelah Log In, mahasiswa klik menu daftar skripsi >> klik simpan >> download form A1 (lembar kesediaan pembimbing).

4. Mahasiswa menyerahkan syarat-syarat tersebut dibawah ini ke Biro Skripsi:

    a. Form A.1

    b. KRS yang mencantumkan ‘Skripsi’.

    c. Transkrip akademik, min. 130 SKS dan sudah mengambil mata kuliah Teori Assesmen Psikologi, Statistik, Psikometri, Metode Penelitian, Penyusunan Skala Psikologi (PSP), Aplikasi Psikologi,

        dan Teknik Penyusunan Skripsi (TPS).

    d. Nilai untuk mata kuliah TPS min. C, mahasiswa yang mendapatkan nilai D masih diperbolehkan untuk mendaftarkan skripsi dengan catatan mengulang mata kuliah tersebut, ditunjukkan dengan KRS.

    e. Bukti pembayaran ‘Ujian skripsi’ (bagi angkatan 2010, 2009, 2008, dan seterusnya).

    f. Fotocopi KTM.

    g. Proposal Skripsi.

    h. Melampirkan 5 jurnal internasional (min. salah satunya merupakan jurnal keluaran terbaru, 1 tahun terakhir) yang telah dimasukkan dalam uraian Proposal Skripsi dan Daftar Pustaka.

     i. Hasil uji Turnitin lengkap (maks. 40%).

5. Seluruh berkas dimasukkan ke dalam STOPMAP warna BIRU dengan mencantumkan data berikut ini (diketik, diprint, dan ditempel) di halaman depan STOPMAP:

    a. No. HP

    b. Judul

    c. Pembimbing Informal (jika ada)

    d. Kemudian di serahkan ke Biro Skripsi (menemui Kepala Biro Skripsi).

6. Kepala Biro Skripsi akan memberikan nama calon pembimbing di Form A1 dan di sahkan dengan tandatangan.

7. Mahasiswa menemui calon dosen pembimbing yang sudah ditentukan oleh Biro Skripsi untuk meminta persetujuan. Apabila calon dosen pembimbing tidak bersedia,

    maka mahasiswa dapat menemui Kepala Biro Skripsi untuk meminta calon dosen pembimbing pengganti.

8. Setelah mendapat persetujuan dari dosen calon pembimbing, mahasiswa menyerahkan surat persetujuan dari dosen pembimbing (form A.1) ke Biro Skripsi (difotokopi 1 lembar).

9. Mahasiswa akan mendapatkan kartu bimbingan berwarna PUTIH.

10. Setelah mendapat kartu bimbingan Skripsi maka proses Bimbingan Skripsi dengan dosen pembimbing dapat dimulai.

 

Catatan Khusus:

a. Setelah registrasi ke Biro Skripsi mahasiswa mendapatkan kartu bimbingan berwarna PUTIH. Setiap tiga bulan mahasiswa wajib mengganti kartu Bimbingan ke Biro Skripsi. Setelah 3 bulan masa bimbingan dengan dosen pembimbing mahasiswa akan mendapatkan kartu bimbingan berwarna KUNING dan tiga bulan berikutnya akan mendapatkan kartu bimbingan berwarna MERAH.

b. Mahasiswa dapat melakukan penelitian setelah mendapat persetujuan dari dosen Pembimbing ditunjukkan dengan “Surat Persetujuan Melakukan Penelitian Skripsi” yang ditandatangani oleh dosen pembimbing. Surat ini dapat di download di http://biroskripsi.psikologi.ums.ac.id .

c. Setelah mendapatkan persetujuan dari dosen pembimbing, mahasiswa dapat mengajukan surat ijin penelitian dari Fakultas (dapat menghubungi pak Budi di TU).

d. Setelah pengumpulan data penelitian, maka mahasiswa yang melakukan “Penelitian Kuantitatif” diwajibkan melakukan Analisis Data di Olah Data Fakultas Psikologi. Bagi mahasiswa dengan “Penelitian Kualitatif, hanya menyerahkan bukti fisik pengumpulan datanya (misalkan: verbatim, rekaman wawancara dalam bentuk CD).

Ujian Skripsi:

Syarat-syarat ujian Skripsi dapat didownload di http://biroskripsi.psikologi.ums.ac.id . dengan login menggunakan username dan password masing-masing mahasiswa.