UMS, Fakultas Psikologi – Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta mengadakam sosisalisasi prosedur skripsi di ruang Audio Visual Fakultas Psikologi lantai 2 tanggal 31 Agustus 2019.

Skripsi ditargetkan dalam waktu yang cepat yaitu 3 bulan dengan meliputi 3 tahap yaitu PPS, Skripsi, dan lulus. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memahami alur dan tujuan akhir, jangan sia-siakan tugas kuliah, dan mengikuti kuliah pendukung skripsi dengan sungguh-sungguh. Kemudian mengikuti Mata Kuliah Aplikasi Psikologi, Mata Kuliah Penyusunan Proposal Skripsi dan dilanjutkan dengan Skripsi. Aplikasi Psikologi dapat membantu siswa untuk melihat fenomena yang terjadi di lapangan, ide penelitian muncul dari hasil pemahaman terhadap peristiwa di lapangan, atau dari literatur yang dibaca, penelitian akan lebih memberi hasil dan manfaat buat individu dan lingkungan. Kemudian untuk Teknik Penyusunan Skripsi pada pertemuan awal, mahasiswa akan mendapatkan form T1 atau T3 dari biro skripsi, mahasiswa yang sudah terlibat dalam penelitian payung bersama dosen, akan mendapatkan form T3, mahasiswa lain akan mendapatkan form T1 (prioritas pembimbing skripsi adalah Pembimbing Akademiknya), Bila form T1 ditolak, maka mahasiswa ke biro skripsi untuk mendapatkan form T2 (dosen pembimbing informal).

Untuk mahasiswa TPS semester genap 2018/2019 mengalami perubahan dari laporan per-bab ke artikel publikasi.

Sistematika penulisan diawali dengan penyusunan proposal skripsi yang berisi pendahuluan dan metodenya, selanjutnya penyusunan laporan skripsi meliputi hasil, pembahasan, dan daftar pustaka. Kemudian skripsi tersebut akan dimonitor dosen pembimbing per 3 bulan. Ujian skripsi dapat mengalami perubahan dalam syarat ujian, penguji skripsi, dan penilaian ujian skripsi. Persyaratan ujian skripsi diantaranya uji turnitin yaitu skripsi dan naskah publikasi diuji turnitin di unit pelayanan administrasi skripsi.

Berikut adalah syarat mahasiswa yang dapat mengambil mata kuliah skripsi :

  1. Telah menempuh 130 SKS
  2. Lulus MK prasyarat yaitu Metode Penelitian, Statistik, Psikometri, Penyusunan Skala Psikologi, Aplikasi Psikologi, Teknik Penyusunan Skripsi dan Teori Asesmen
  3. Nilai PPS minimal C

Berkas yang perlu dipersiapkan adalah :

  1. Fotokopi KTM
  2. Bukti pembayaran skripsi (bagi angkatan 2010, 2009, 2008 dan seterusnya)
  3. Fotokopi slip pembayaran terakhir (bagi angkatan 2011, 2012, 2013 dan seterusnya)
  4. Transkrip akademik minimal 130 SKS dan sudah mengambil mata kuliah prasyarat skripsi, yaitu Metode Penelitian, Statistik, Psikometri, Penyusunan Skala Psikologi, Aplikasi Psikologi dan Teknik Penyusunan Skripsi/ Penyusunan Proposal Skripsi
  5. Kartu bimbingan TPS/PPS
  6. Hasil uji turn-it in proposal (30%)
  7. FC sertifikat TOEP* jika sudah ada
  8. Lampiran daftar Jurnal Internasional dan Nasional
  9. Form A1
  10. KRS dengan “Skripsi”

Untuk lebih lanjut dapat diakses melalui http://bit.ly/RegistrasiSkripsiSemester2019-2020 (fnl)