Kemahasiswaan — PROFIL IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH KOMISARIAT AL-GHOZALI FAKULTAS PSIKOLOGI UMS

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (selanjutnya disebut IMM) merupakan Organisasi Otonom (Ortom) Muhammadiyah yang bergerak di bidang dakwah amar makruf nahi munkar. Sebagai perwakilan Muhammadiyah di kalangan mahasiswa, IMM dikenal sebagai organisasi perkaderan sekaligus pergerakan. Tujuan dari dibentuknya IMM adalah “mengusahakan terwujudnya akademisi Islam yang berakhlak mulia dalam rangka mewujudkan tujuan muhammadiyah”.

Hampir di setiap Perguruan Tinggi Muhammadiyah terdapat IMM yang merupakan tempat eksistensinya untuk mengepakkan sayap dakwah ikatan. Di Universitas Muhammadiyah (UMS) sendiri terdapat berbagai fakultas, dan disetiap fakultas tersebut terdapat IMM Komisariat, termasuk di Fakultas Psikologi.

IMM di Fakultas Psikologi ini bernama IMM Komisariat Al-Ghozali yang dulunya bernama IMM Fakultas Psikologi. Berdasarkan sejarah bahwa komisariat ini sudah ada sejak 1983, namun pada saat itu masih bergabung dengan Fakultas Geografi sampai tahun 1984. Kemudian pada tahun 1985, IMM Fakultas Psikologi memutuskan berdiri sendiri. Adapun pergantian namanya menjadi IMM Komisariat Al-Ghozali adalah pada tahun 2003.Diberi nama Komisariat Al-Ghozali karena diilhami dari kebesaran nama Imam Al-Ghozali yang merupakan seorang tokoh filusuf Islam dan tasawuf .

IMM Al-Ghozali Fakultas Psikologi UMS memiliki ciri khas yang dinamakan Tri Kompetensi Dasar IMM, yakni: Religiusitas, Intelektualitas dan Humanitas. Dengan ciri tersebutlah yang membedakan antara IMM dengan organisasi lainnya. IMM Al-Ghozali tentunya peduli dengan masalah-masalah seputar keagamaan, keilmuan serta kemanusiaan. Maka dari itu, sudah seharusnya IMM Al-Ghozali ini turut serta mensukseskan Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah di UMS ini, yakni Al Islam dan Kemuhammadiyahan, Pendidikan, Penelitian, serta Pengabdian Masyarakat.