UMS, Fakultas Psikologi – Kelompok karya ilmiah Fakultas Psikologi UMS berhasil meraih juara II dalam cabang psikopaper Olimpiade Mahasiswa Asosiasi Psikologi (APSI) Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Hotel Emersia Bandar Lampung, Selasa (13/11).

Tim yang terdiri dari mahasiswa Psikologi UMS semester 7, Astried Fatihah Sari dan Zulfa Rahmatina mempresentasikan hasil penelitianya yang berjudul “Persepsi Generasi Millennial terhadap Sexual Harassment di Media Sosial” di hadapan dewan juri dan 7 finalis lainnya. Karya tulis yang sebelumnya telah masuk dalam tahap seleksi untuk kemudian dipilih peserta yang layak mempresentasikan karyanya di Lampung itu berangkat dari keprihatinan delegasi atas merebaknya fenomena sexual harassment di media sosial.

Selain psikopaper, gelaran tahunan Asosiasi Psikologi (APSI) Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang tahun ini digawangi oleh Universitas Muhammadiyah Lampung tersebut membuka cabang olimpiade lain seperti psikodebat, psikoposter, dan desain souvenir. Terdapat pula rangkaian acara lain dalam pertemuan rutin tahunan tersebut yakni seminar nasional dengan tema Pemberdayaan Keluarga Menuju Masyarakat yang Sehat.

Astried Fatihah Sari selaku delegasi dari Fakultas Psikologi UMS mengaku mendapat banyak pelajaran dalam ajang tersebut, “Menyenangkan, terasa banget kekuatan dan kekeluargaan psikologi Muhammadiyah karena seluruh PTM jadi satu,” ungkap Astried, Sabtu (17/11). Astried juga berpesan khususnya kepada mahasiswa Psikologi UMS untuk mencari kesempatan sebanyak-banyaknya selagi masih menjadi mahasiswa. (zr)