Dr. Yadi Purwanto M.M. S.Psi

UMS, Fakultas Psikologi – Dr. Yadi Purwanto M.M. S.Psi (Alm) salah satu penggiat bidang Psikologi Islam dari Fakultas Psikologi UMS, mendapat penghargaan dalam gelaran Inter-Islamic University Conference on Psychology (IIUCP) yang didukung oleh Asosiasi Psikologi Islam (API-HIMPSI) dan beberapa universitas lain di lantai 9, GKB IV kampus III Universitas Muhammadiyah Malang, Sabtu (20/10/2018). Penghargaan tersebut diberikan atas sumbangsih dan dedikasinya dalam bidang Psikologi Islam.

Dr. Yadi Purwanto M.M. S.Psi (Alm) dalam perjalanan hidupnya, tidak hanya menempuh pendidikan di bangku sekolah saja melainkan juga pondok pesantren di Bandung dan sekitarnya sejak SD sampai dengan selesai menyelesaikan kuliahnya. Dengan latar belakang tersebut beliau kemudian aktif dalam perkembangan Psikologi Islam dengan mengikuti organisasi Asosiasi Psikologi Islam (API) tahun 2002 sampai dengan tahun 2012. Selain adanya gelaran IIUCP Award terdapat pula Konferensi dan Scientific Speech, Workshop, dan city tour yang diadakan oleh panitia.

Dalam kesempatan tersebut turut serta dekan Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta, Susatyo Yuwono, S.Psi, M.Si, Psikolog. Ditemui oleh reporter Fakultas Psikologi, selaku dekan Fakultas Psikologi UMS mengatakan, “Beliau adalah teladan bagi kami untuk  menjaga semangat dan prestasi.”  Beliau juga menyampaikan terkait sosok Dr. Yadi Purwanto M.M. S.Psi (Alm) dalam pandangan beliau, “Pak Yadi orang yang berpendirian kuat, cerdas, suka membantu orang lain, menguasai Psikologi Islam, dan menjadi salah satu pendiri Psikologi Islam,” terang beliau, Jumat (02/11/2018). (ypsp/zr)