Perkembangan teknologi dan makin terbukanya pasar dunia menjadi tantangan bagi organisasi maupun sumber daya manusia dalam upaya mencapai keunggulan kompetitif. Tuntutan yang paling menentukan di dalamnya adalah terpenuhinya kemampuan dan keahlian yang dimiliki seiring perkembangan yang muncul.Kompetensi dalam setiap bidang kerja perlu dipenuhi secara tepat oleh pribadi sumber daya manusia maupun oleh pihak manajemeno rganisasi, sehingga dapat mencapai kinerja yang optimal dan unggul.

Psikologi sebagai ilmu yang berfokus pada manusia memiliki peran yang sangat strategis dalam permasalahan ini. Psikologi mampu mengetahui potensi dan minat yang dimiliki oleh setiap diri individu. Potensi dan minat menjadi dasar dalam memunculkan dan mengembangkan kompetensi yang tepat bagi setiap individu.

Pengetahuan tentang potensi yang tepat akan mempermudah individu dalam memilih pekerjaan yang sesuai. Hal ini juga akan mempermudah manajemen dalam menempatkan individu dalam pekerjaan yang tepat dan kemudian mengembangkan kompetensinya agar mampu mencapai kinerja yang unggul.

Kebutuhan akan pengelolaan potensi dan kompetensi sumber daya manusia ini menyentuh pada semua bidang pekerjaan. Baik dalam bidang kesehatan, industri, pendidikan, dan bidang lainnya membutuhkan peran ilmu psikologi. Bagaimana psikologi mempersiapkan pengelolaan human capital ini?

Melalui seminar ini diharapkan diperoleh pemahaman tentang bagaimana pengelolaan human capital dan peran psikologi di dalamnya.

 

Tags: ,